Server Pulsa untuk Pebisnis Pulsa dan PPOB

Ada berbagai cara untuk berjualan pulsa atau Payment Point Online Bank (PPOB) misalnya dengan menggunakan chip, aplikasi atau menggunakan server pulsa yang terhubung dengan biller. Berbagai cara di atas tentu mempunyai keuntungan dan kelemahannya masing – masing. 

Server Pulsa

Berikut ini penjelasan tentang apa itu chip, aplikasi jual pulsa, dan server pulsa yang perlu Anda ketahui :

1.Chip Operator

Melakukan penjualan pulsa dengan chip adalah cara lama yang dilakukan oleh penjual pulsa atau paket data. 

Namun, kendala yang dihadapi oleh penjual pulsa dengan menggunakan chip biasanya transaksi sering mengalami keterlambatan. Lalu chip biasanya hanya dapat terhubung dengan satu operator saja yang menyebabkan penjual pulsa perlu mempunyai lebih dari satu chip untuk bisa berjualan berbagai operator. 

Hal ini tentu akan menyebabkan penjual pulsa perlu menggunakan lebih dari satu handphone untuk mengaktifkan chip. Cara ini sudah kurang efektif dan tidak efisien.

2. Aplikasi Jual Pulsa

Berbagai aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk melakukan penjualan pulsa telah tersedia di Google Playstore. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, aplikasi untuk menjual pulsa lebih cenderung mendukung handphone Android. Tidak semua aplikasi menjual pulsa dan PPOB tersedia di AppStore.

Mengoperasikan aplikasi untuk menjual pulsa sangat mudah. Biasanya Anda hanya perlu mengunduh aplikasi jual pulsa tersebut, lalu registrasi dan top up saldo untuk melakukan penjualan pulsa. 

Hanya saja, terkadang kuota pulsa atau produk digital yang ada jumlahnya terbatas. Apabila Anda adalah pebisnis pulsa atau PPOB berskala besar, tentu cara ini kurang optimal untuk Anda gunakan.

3. Server Pulsa

Cara ketiga adalah dengan menggunakan server pulsa yang terhubung ke Biller atau Billing Aggregator

Definisi Billing Aggregator atau Biller sendiri adalah sebuah perusahaan yang memasok kuota produk digital (pulsa, paket data, produk prabayar dan pascabayar lain). Billing Aggregator atau Biller biasanya akan melakukan kerjasama dengan pebisnis pulsa yang membutuhkan kuota produk digital dalam jumlah banyak.

Pebisnis pulsa yang telah menggunakan perangkat yang terhubung dengan Jabber seperti Roket maupun Otomax biasanya akan mudah terhubung dengan Biller. Setelah terhubung, biasanya pebisnis pulsa akan diberikan akses melalui sebuah dashboard untuk memantau berbagai transaksi yang dilakukan.

Hal yang menguntungkan untuk pebisnis pulsa adalah produk yang dijual dapat terdiri dari berbagai jenis produk digital dalam jumlah banyak. Jadi singkatnya, hanya melalui 1 platform, maka Anda dapat melakukan penjualan untuk berbagai produk. Sangat efisien sekali dibandingkan dengan cara pertama, bukan?

Bagi para pebisnis pulsa dan PPOB tentu perlu memahami perangkat yang menunjang bisnis pulsa dan PPOB tersebut. Perangkat utama yang perlu dimiliki adalah server pulsa dengan Jabber seperti ROKET maupun OTOMAX.

Berikut ini ada beberapa informasi tambahan yang dapat dipelajari oleh pebisnis pulsa atau PPOB yang ingin beralih menggunakan server sendiri dan terhubung dengan biller seperti Besar Reload.

Dimana dapat membeli server pulsa?

Anda dapat membeli server pulsa melalui e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau bisa langsung menghubungi penyedia layanan tersebut secara langsung.

Keuntungan menggunakan Server Pulsa dan Terhubung ke Biller Profesional

Seperti yang kita tahu bahwa beberapa pebisnis pulsa masih mengandalkan handphone untuk melakukan transaksi pengisian pulsa. Pebisnis pulsa yang masih memanfaatkan teknologi lama ini biasanya belum menggunakan server pulsa. Proses transaksi juga dapat berlangsung lama. 

Berbeda dengan pebisnis pulsa yang telah menggunakan server pulsa dan terhubung dengan biller seperti Besar Reload. Proses transaksi akan menjadi lebih cepat, produk yang dijual dapat lebih bervariasi, bahkan pebisnis pulsa akan dapat memonitor penjualannya melalui dashboard yang disediakan oleh Biller yang bekerjasama dengan mereka.

Jika Anda adalah pebisnis pulsa yang masih menggunakan handphone untuk melakukan transaksi (chips all operator), kini saatnya Anda beralih menggunakan server pulsa dan terhubung ke biller.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *